KHASIAT BUAH AVOKAD

Rabu, 24 Desember 2008
AVOKAD / ALPUKAT
Persea americana Mill / Persea gratissima Gaerth
Sejarah singkat Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, khususnya di daerah dataran tinggi.
Nama Latinnya Peresea gratissima Gaertn. Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, B6, C, E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation.

Manfaat Buah Avokad


Mencegah Stroke dan Hipertensi
Lemak yang terdapat dalam avokad merupakan lemak tak jenuh (disebut lemak omega-9) yang mampu menurunkan kelebihan kolesterol jahat secara efektif karena kandungan seratnya tinggi. Avokad kaya dengan kandungan mineral kalium. Kalium dapat meredakan darah tinggi, mengontrol debar jantung dan menjaga kesehatan system saraf. Artinya avokad merupakan makanan diet yang baik bagi penderita hipertensi dan kelebihan kolesterol khususnya stroke dan penyakit jantung.

Kesehatan Kulit
Avokad mengandung vitamin A dan klorofil, didalam lemaknya tersimpan banyak vitamin E. kombinasi vitamin A, klorofil dan vitamin E terbukti menjaga kesegaran kulit.

Mengatasi Kurang Darah (Hb rendah)
Kandungan zat besi dan tembaga yang berperan penting dalam pembentukkan darah segar dan mencegah anemia. Magnesium dan kalsiumnya membantu menjaga kesehatan tulang.

Avokad baik bagi ibu hamil
Asam folat (terdapat dalam avokad) amat dibutuhkan janin agar otak dan tulang belakangnya dapat tumbuh sehat. Selain itu avokad juga menyimpan vitamin B-6 yang berguna untuk mengontrol fungsi system saraf. Mengkonsumsi avokad selama pra kehamilan dan selama hamil dapat mencegah mual. Sedangkan kandungan vitamin E dan C, mengandung banyak serat dan kalium, serta mengandung banyak folat, suatu vitamin yang membantu mengurangi kelainan persalinan pada wanita hamil.
Mengurangi Kerusakan hati
Peneliti di Jepang menemukan bahwa avokad mengandung zat yang dapat mengurangi kerusakan hati. Penemuan dapat mengarah pada pengembangan obat baru untuk mengobati penyakit hati, kata peneliti. Mereka mengkajikan temuan ini pada 2000 International Chemical Congress of Pacific Basin Societies.
Ini menurut peneliti utama, Hirokazu Kawagishi, Ph.D., dan Kimio Sugiyama, Ph.D., profesor di Shizuoka University di Shizuoka, Jepang. “Selain bergizi dan enak rasanya, avokad terlihat memperbaiki kesehatan hati,” kata Kawagishi. “Sebaiknya orang makan avokad lebih banyak.

Manfaat Daun Avokad

Daun avokad bersifat antibakteri, yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa spesies, yaitu; Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichea sp, dan Bacillus sp.
Dalam ilmu pengobatan Cina, daun avokad telah lama digunakan untuk mengobati kencing batu, hipertensi, sakit pinggang, sakit kepala, sakit gigi dan haid yang tidak teratur. Ekstrak etanol daun avokad juga diyakini dapat menghambat laju pembentukan batu kandung kemih buatan pada hewan uji (Sasra, 1991).

5 comments:

  • Obat Pembesar Payudara Herbal

    terima kasih atas informasinya....

  • Obat Pemutih Ketiak Herbal

    artikel dalam blog ini sangat inspiratif dan inivatif bangetz.... sukron

  • Obat Jerawat Herbal

    hemmm enaknya klo dicopba niehhh...!!!

  • Obat Keputihan Herbal

    ternyata avokat multi fungsi ya.....

  • Obat Mata Minus

    best artikel in this blog.. thanks

  • Related Posts with Thumbnails