MANFAAT JERUK BALI

Sabtu, 25 Juli 2009
Pomelo / Citrus grandis, C. maxima

Sebutan di indonesia adalah jeruk bali, konon buah ini berasal dari negeri cina yang mana disebutkan dalam buku cina kuno. Buah yang sangat banyak kandungan kebaikan dalam kesehatan tubuh kita ternyata tidak hanya buahnya saja, melainkan bunga dan kayunya juga bisa dimanfaatkan. Di Vietnam, bunganya yang harum digunakan untuk membuat parfum, dan kayunya juga sering dimanfaatkan untuk gagang perkakas alat dapur.

Untuk manfaat buahnya antara lain :
1. Kesehatan Jantung & anemia : Pektin yang mampu menurunkan kolesterol, likopen sebagai antioksidan & zat aktif fungsinya dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit.
2. Luka lambung : Mengandung anti bakteri & antioksidan. Walaupun jus pomelo yang memiliki rasa asam, dan jus sebenarnya memiliki reaksi alkaline setelah pencernaan. Oleh karena itu bermanfaat dalam sistem pencernaan. Menurut Dr. Thomas Brzozowski, ketua penelitian, menyarankan agar para penderita tukak lambung memasukkan jeruk ke dalam diet mereka meski secara alamiah mengandung asam.
3. Kesehatan Gusi : kadar vitamin C, Hal ini diungkapkan Peneliti di Universitas Friedrich Schiller, Jerman, yang menemukan kaitan kesehatan gusi pada mereka yang banyak mengonsumsi jeruk bali.
4. Mencegah kanker : kandungan likopen berperan sebagai antioksidan, kalium yang dapat menyahatkan prostat, bioflavonoid yang dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker payudara. 

Bagi perokok dianjurkan untuk mengosumsi jeruk bali dua helai dalam buah setiap hari, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

Kandungan Gizi jeruk bali per 100 g :
     1. Vitamin C: 44,8 mg
     2. Vitamin B1: 0,03 mg
     3. Vitamin B2: 0,03 mg
     4. Beta karotin 200 ug
     5. Kalsium 14,0 mg
     6. Besi 0,6 mg
     7. Protein 0,7 g
     8. Lemak 0,3 g
     9. Carbohydrate 10,4 g
     10. Energi: 44,0 Kcal
     11. Air: 88,0 g

5 comments:

  • Rachel Irene

    ternyata ada banyak manfaat dari jeruk bali. saya baru tahu kalau jeruk bali bisa tumbuh di vietnam dan bunganya dapat dijadikan parfum.
    manfaatnya sebagai antioksidan, terutama bagi perokok dapat membuat produksi jeruk bali meningkat di masa mendatang.
    http://racheli09.student.ipb.ac.id

  • sandy

    ternyata jeruk bali banak manfaatnya....terima kasih y buat artikelnya

  • Minute Maid Pulpy ID

    Nice info. Thanks for sharing.

  • diana

    bagus infonya. terima kasih.

  • Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Parfum Ori
    Manfaat Parfum.

    ----------

  • Related Posts with Thumbnails