Manfaat & Khasiat Bunga Melati Untuk Demam

Jumat, 18 Desember 2009
MELATI / JASMINUM 
[Image]
Di Italia, melati casablanca (Jasmine officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk di jadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut, Kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923. 
Di Indonesia salah satu jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac) karena bunganya dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale).

Selain keindahan dan keharumanya bunga melati ini mempunyai banyak manfaat yang didapat untuk kehidupan kita diantaranya : sebagai hiasan pengantin, tanaman hias, campuran minum teh, sebagai bunga tabur, penghias rangkaian bunga, bahan industri kosmetika, farmasi, serta parfum. Dan ternyata berkhasiat pula bagi kesehatan anatara lain : 
Untuk mengobati demam, karena mengandung jasmon, sejenis keton: metil-pentenon-siklopentenon yang enak baunya. Keton ini bersifat menyejukkan sampai mampu menurunkan suhu badan yang sedang demam. Selain itu, menenangkan urat saraf bila dipakai untuk mengurut;
Untuk Mengobati Luka dari Gigitan Binatang;
Untuk Mengatasi Mata Merah;
Untuk Mengatasi Insomnia;
Untuk Sesak Nafas;
Untuk Sakit Kepala; 
Bunga dan daunnya terdapat indol, benzyl, livalylacetaat, terbukti efektif untuk membantu mengontrol ASI yang keluar berlebihan.

Komponen minyak melati (J. officinale) adalah : 
Benzil acetat 46,8%
Methyl salisilat 24,4%
Z. jasmine 20,3%
Lynalol 2,9%
Neurol idol 2,7%
Indole 1,7%
Alkohol 1,3%
Melati memiliki efek farmakologis dari bunga dan daunnya mengandung rasa pedas, manis dan sejuk. Sedangkan pada akarnya mengandung rasa pedas, manis netral dan agak beracun.


Sumber : 
i-herbal.blogspot.com
http://njowo.multiply.com
www.bloggaul.com
www.scribd.com

1 comments:

  • Dewi TLL

    Tidak hanya harum bunga melati ini ternyata memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan.

  • Related Posts with Thumbnails