KHASIAT DAUN SIRIH

Rabu, 14 Oktober 2009

DAUN SIRIH / PIPER BETLE L


Tanaman obat yang sudah dikenal khasiatnya sejak tahun 600 SM ini mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman. Dalam farmakologi Cina, sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Secara tradisional mereka menggunakan daun sirih untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Pada pengobatan tradisional India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang menghangatkan, bersifat antiseptik, dan bahkan meningkatkan gairah seks.

Manfaat sirih dengan kandungan zat nya antara lain :

Arecoline (tanaman sirih) : merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, meredakan dengkuran.
Eugenol (daun sirih) : mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri).
Tannin (daun Sirih) : mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.
Sirih memiliki sifat diuretik dengan membuat jus daun sirih dicampur dengan susu dan gula berkhasiat melancarkan buang air kecil.

Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Ia mengatakan bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo. Yang mana perbandingan antara daun sirih 90,9 % dan plasebo 54,5 % diujikan pada 40 pasien penderita keputihan.

Kandungan daun sirih per 100 gram :
Kelembaban 85,4%, karbohidrat 6,1%, protein 3,1%, lemak 0.8%, mineral 2,3%, dan serat 2,3%.

Sumber :
Buku tanaman obat terbitan Kebun Tanaman Obat Karyasari
WWW.i-herbal.blogspot.com
www.herbs.ygoy.com

0 comments:

Related Posts with Thumbnails