Manfaat Lidah Buaya

Senin, 19 Oktober 2009

Lidah Buaya sudah digunakan bangsa Samaria sekitar tahun 1875 SM, ada pula yang menyebutkan bangsa Mesir kuno mengenal khasiat lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM. Berkat khasiatnya, masyarakat Mesir kuno menyebutnya sebagai tanaman keabadian. Di Yunani pada tahun 333 SM Aloevera dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan. Sedangkan lidah buaya mulai populer di Amerika Serikat sejak tahun 1930-an. Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.

Menurut catatan WHO, lebih dari 23 negara menggunakan si “Mutiara Hijau” atau liadah buaya ini sebagai bahan baku obat-obatan dan pada zaman raja Mesir Cleopatra menggunakan Aloevera sebagai pembasuh kulit yang sangat mujarab sehingga dijadikan bahan baku kosmetika yang penting.

Beberapa manfaat dari nutrisi lidah buaya untuk tubuh antara lain:
  1. Asam folat berguna untuk kesehatan kulit dan rambut;
  2. Kalium berperan penting dalam memelihara kekencangan muka dan otot tubuh;
  3. Ferrum berperan sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh;
  4. Vitamin A berguna untuk oksigenasi jaringan tubuh terutama kulit dan kuku.
Manfaat jus lidah buaya:
  • Mempermudah sembelit dan membersihkan usus.
  • Membantu dalam kolitis, tukak lambung dan iritasi saluran pencernaan.
Perkembangan olahan dari lidah buaya pada saat ini antara lain : lotion, lidah buaya, bedak krim dan sabun, bahkan untuk minuman jelly.

Nutrisi gel lidah buaya :
  1. Air 95.510 %
  2. Total Padatan terlarut, terdiri atas: 0.0490 %
  • Lemak 0.0670 %
  • Karbohidrat 0.0430 %
  • Protein 0.0380 %
  • Vitamin A 4.594 IU
  • Vitamin C 3.476 Mg
www.resepherbal.e-salim.com
Aloevera Center, 2004.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails