MANFAAT GINSENG

Rabu, 07 Oktober 2009
GINSENG / PANAX


Khasiat gingseng untuk kesehatan telah dikembangkan selama 7000 tahun. Pada zaman Kaisar Shen Nung (3500 SM), ginseng sudah dijuluki sebagai "rajanya obat". Sedangkan penelitian tentang ginseng pada tahun 2000 M di University of Toronto menunjukkan bahwa ginseng bisa menurunkan gula darah 20% lebih dari placebo. Dan salah satu ginseng yang paling terkenal di dunia ialah ginseng Korea atau Panax ginseng C.A. Meyer. 
 
Manfaat dari tanaman ginseng antara lain :
Untuk Akarnya : mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, memperbaiki kondisi mental dan gangguan kejiwaan, meningkatkan pengeluaran cairan tubuh dan mencegah diabetes, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung polisakarida merupakan zat yang membantu meningkatkan sistem imun. memperlancar peredaran darah pada sistem saraf dan membantu mengencerkan darah.
dan mengeluarkan racun.
Sedangkan Daunnya : dapat digunakan untuk olahan makanan.  
 
Kandungan gizi ginseng : komponen aktif, antara lain ginsenosida, polisakarida, dan panaxans.Dalam hal penelitian ilmiah modern, ginseng dikenal menjadi adaptogen. Adaptogen adalah zat yang membantu tubuh untuk memulihkan diri untuk kesehatan dan bekerja tanpa efek samping bahkan jika dosis yang direkomendasikan secara luas terlampaui. Ginseng karena efek adaptogen yang banyak digunakan untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan energi dan daya tahan, mengurangi fatique dan efek stres dan mencegah infeksi. 
 
Sumber : www.hanyawanita.com, www.chinese-herbs.org.

Related Posts with Thumbnails