KHASIAT BUNGA TASBIH

Rabu, 27 Mei 2009
BUNGA TASBIH / CANNA INDICA LINN
Asalnya bunga tasbih dari daerah tropis Amerika dengan sebutan bunga kana, namun sering dijuluki sebagai tulip Asia. Sedangkan di Indonesia dijuluki bunga tasbih karena bijinya yang keras bisa dibuat tasbih. Apapun namanya, bunga ini memang memikat dan mampu menghiasi halaman rumah Anda.

Khasiat pada tanaman bunga tasbih ini antara lain pada :

RIMPANG : rasanya manis sifatnya sejuk. Berkhasiat penyejuk, pereda demam (antiseptic), peluruh kencing (diuterik), penenang (tranquiliter), menurunkan tekanan darah (hipertensif), desentri kronik, wasir, keputihan, dan radang hati akut disertai kuning. Efek Farmokologis dari hasil penelitian pada percobaan binatang bahwa rimpang tasbih berkhasiat : Hepatoprotektor (melindungi sel hati dari kerusakan), kolagoga dan koleretik, yaitu meningkatkan aliran empedu dan meningkatkan pembuangan bilirubin, relaksan pada otot saluran cerna, hipotensif, tidak beracun.

BUNGA : sifatnya menghentikan pendaraham (hemostatis) berkhasiat untuk batuk berdarah, dan haid terlalu banyak (metrorrhagia).

Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman bunga tasbih antara lain enam substansi phenol, dua terpene, empat coumarin, pati, glukose, lema alkaloid dan getah. Bagian yang dapat dimafaatkan adalah rimpang, daun, bunga dalam keadaan segar maupun kering. Dan untuk cara pemakaian pada buku ”Tumbuhan obat dan khasiatnya” oleh H. Arief Hariana.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails