KHASIAT BROKOLI

Sabtu, 06 Juni 2009

BROCCOLI / BRASSICA OLERACEA VAR ITALICA
Tanaman Brokoli ini konon asalnya dari daerah Mediterania. Asal tahu saja, sejak jaman Yunani kuno tanaman ini sudah dibudidayakan. Brokoli masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970an. Saat ini dengan mudah kita bisa membeli brokoli bahkan di pasar tradisional sekalipun. Tanaman ini banyak digunakan pada bunganya sebagai olahan masakan dan obat.

Nah berikut ini ada beberapa khasiat yang terdapat dalam bunga brokoli, begitu pula komposisinya :


1. Mencegah ganguan pernafasan Menurut Riedl, para peneliti menemukan bahwa brokoli mampu meningkatkan produksi enzim antioksidan sehingga berpotensi membantu pernapasan. 200 gram brokoli dapat membantu meningkatkan 101 persen enzim antioksidan yang disebut GSTP1 dan 199 persen enzim lain yang dinamakan NQO1.

2. Meningkat
kan daya kerja otak Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

3. Mengatur tingkat gula darah Terbukti melalui penelitian yang dilakukan tim epidemologi dari Harvard University, tanaman yang cocok tumbuh di dataran tinggi ini sangat baik dikonsumsi penderita kencing manis. Kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah, sehingga brokoli sangat juga disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4. Menetralkan zat penyebab kanker
Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalam brokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara.

5. Melindungi sistem kekebalan tubuh Mendetoksifikasi sistem tubuh yang berhubungan dengan pencernaan dan hati. Kandungan beta-karoten, vitamin A, vitamin C, zat besi, seng, sera vitamin B dan asam folat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan Kecantikan kulit
Brokoli baik untuk kulit karena mengandungan vitamin B2-nya baik untuk kulit, rambut, dan kuku. Vitamin B2 dan B5 bergabung di dalam brokoli untuk mengubah metabolisme lemak menjadi energi.

Komposisi : Brokoli mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, beta karoten, dan glutation. Selain itu, brokoli mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation. . Dalam satu sajian sekitar 100 gr, brokoli menyumbang asupan 5% protein dan 10% serat dari total kebutuhan tubuh.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails