MANFAAT ASPARAGUS

Senin, 22 Juni 2009
ASPARAGUS / ASPARAGUS OFFICINALIS L
Dibudidayakan lebih dari 2000 tahun lalu dan digunakan sebagai makanan dan obat-obatan oleh bangsa Yunani dan Roma. Bangsa Yunani dan Romawi kuno percaya asparagus mengandung bahan yang bisa menyembuhkan bermacam penyakit mulai dari rematik hingga sakit gigi. Asli Eropa dan Asia. Ditemukan tumbuh liar di Eropa, Afrika Barat Laut, Asia ke Timur sampai Iran. Saat ini asparagus berkualitas utamanya diproduksi oleh Peru, namun produsen terbesar adalah RRC yang mencapai 5 juta ton setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri asparagus hanya mampu diprosuksi 16ribu ton setiap tahunnya. Produsen terbesarnya adalah PT. Asparagus Nusantara yang memproduksi sekitar 40% dari total produksi Indonesia. Sayuran ini lebih sering diolah menjadi sup aparagus. Ada tiga jenis asparagus, yang berwarna hijau (hasil fotosintesis), warna putih (dikembangbiakkan dalam ruang gelap), dan warna ungu (hasil eksperimen para petani). Warna ungu lebih manis karena 20% memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada yang warna hijau.

Selain untuk bahan makanan ternyata asparagus kaya akan manfaat sebagai obat dalam gizinya antara lain :
1. Asperegine
zat yang berguna untuk memperbaiki pencernaan makanan dan melancarkan air seni.
2. Asam Folik
membantu mengurangi cacat bawaan pada bayi, kanker panggul, usus dan dubur, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit jantung.
3. Aprodisiak
zat untuk merangsang organ seksual dan mengobati nyeri menstruasi.
4. Kandungan vitamin C
dapat membantu tubuh mencegah kanker, penyakit jantung serta meningkatkan daya tahan tubuh.
5. Potassium
meregulasikan keseimbangan elektrolit dalam sel dan menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang normal menyembuhkan batu empedu, batu ginjal, kanker prostat, flek hitam kulit.
4. Akar rhizoma asparagus berkhasiat untuk pengobatan infeksi saluran kemih dan batu ginjal secara tradisional.

Dan kandungan gizi asparagus yakni :

1 comments:

  • Template blogna bagus. Isinya jg bgs2.

  • Related Posts with Thumbnails