MANFAAT BUAH NANAS

Jumat, 21 Agustus 2009

PINEAPPLE / ANANAS COMOSUS
Tanaman nanas berasal dari Amerika tropis, yakni Brasil, Argentina, dan Peru. Pada saat ini, nanas telah tersebar ke seluruh dunia, terutama di sekitar khatulistiwa antara 300 LU dan 300 LS. Di indonesia, tanaman nanas sangat populer dan banyak di tanam di tegalan dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Daerah penghasil nanas yang terkenal di antaranya Subang, Bogor, Riau, Palembang dan Blitar.

Buah nanas yang berwarna kuning ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh kita :
Daun : antipiretik, antelmintik, pencahar, anti radang dan menormalkan siklus haid.
Buah muda : memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, pleuruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.  
Buah yang masak : kaya akan enzim bromelain yang dapat membantu mencernakan makanan di lambung, anti radang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debdridement), mengurangi keluarnya asam lambung yang belebihan, Asam chlorogen (antioksidan) mencegah pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agrerasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik.

Nanas terdapat zat valine dan leucine untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Dan mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita, membentuk formasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka serta memperlambat proses penuaan dini.

Menurut M. Nuh Nasution, Jurusan Biologi FMIPA UNAND, 1993 penelitiannya terhadap pengaruh penambahan sari buah nanas terhadap mutu susu sapi telah dilakukan. Ternyata, pada penambahan 3,4 ml sari buah nanas diperoleh populasi bakteri terendah, yaitu 37,60 x 10 4 sel/ml dan kadar lemak tertinggi 7,594%.
Sedangkan menurut Mulyoto, FB UNSOED, 1986 pemberian ekstrak nanas muda sebanyak 0,2 ml pada ibu hamil dapat mematikan embrio jika diberikan pada umur kehamilan 2-4 hari. Jika diberikan pada umur kehamilan 6 hari, kehamilan tetap berlangsung dan dapat melahirkan normal.

Efek Samping :
* Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda.
* Buah nanas di dalam saluran cerna difermentasikan menjadi alkohol yang dapat
menimbulkan kambuhnya rematik Gout
* Penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam
mengkonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi. 
(Atlas Tumbuhan Obat Ind oleh Dr. Setiawan Dalimartha)

Nutrisi nanas per 100 gram *
Air 86.5 g, Energi 49 kcal, Energi 205 kj, Protein 0.39 g, Total Lemak 0.43 g, Karbohidrat 12.39 g, Serat 1.2 g, Ampas 0.29 g.

1 comments:

  • boleh tidak kbu hamil


    MANFAAT BUAH NANAS buat ibu hamil ternyata,

    boleh tidak ibu hamil makan nanas kandungan muda ?

  • Related Posts with Thumbnails